Jumat, 01 Oktober 2010

SEER The Genchildren

Judul: SEER - The Genchildren
Komikus: C. Suryo Laksono
Genre: Action Adventure
Format: Komik; 112 x 176 mm, B/W, 192 halaman
Harga: Rp.16.500,-
Rilis: 29 September 2010
Rating: R (Remaja)


"Kami bukan dari dunia ini.
Kami cuma tamu dari dunia yang telah tersapu waktu…"


2375. Abi, seorang anak indigo, berkelana mencari adiknya yang terpisah darinya setelah riset para ilmuwan Indonesia melempar mereka ke masa depan. Perjalanannya tidak mudah, karena ternyata sebuah organisasi misterius menghadang usahanya. Belum lagi kutukan genetis akibat lemparan mesin waktu menyebabkan tubuhnya kerap berpindah secara tak terkendali. Pencapaian Abi pun serasa mustahil.

Bagaimanakah nasib Abi yang sendirian menjelajahi dunia yang asing baginya?


My Note

Jujur aja, waktu pertama kali liat komik ini di toko buku, saya nggak langsung ingin membeli, meskipun temanya cukup menarik (& waktu itu belum ada tema serupa dari KOLONI). Tapi... mesin waktu? Aku ngerasa bakalan klise, apalagi waktu itu lagi pengen beli yang lain, he3... Alhasil, akhirnya aku baru membeli SEER beberapa minggu setelah itu... dan ternyata isinya KEREN BGT! Benar2 jauh dari bayanganku saat melihat cover maupun membaca sinopsis di cover belakang. Jadi nyesel, kenapa dulu nggak langsung beli (untung belum kehabisan). ^o^
Dari segi gambar, SEER punya artwork yang bagus dan rapi, panellingnya juga oke, adegan action-nya juga bolehlah. Oya, ada yang bilang salah satu sisi orisinalitas dari komik ini adalah tone-nya yang 'berpasir' (meskipun ada juga yg ngga suka karena 'mengganggu mata'). Hal lain yang aku suka adalah desain karakter, outfit, & setting-nya yang unik2.
Beberapa orang mengatakan suasana dalam SEER mirip "Kinou no Tabi". Kalau aku bilang sih, seperti "Eatman". Kisah tentang 'perjalanan' dengan jalan cerita yang sulit ditebak! (& segala keanehan2nya... XD)
Pokoknya cerita SEER terjalin dengan begitu memikat, kadang bahkan ada sesuatu yang sama sekali ngga terpikirkan oleh kita. Sisi humornya ada, tapi bukan jenis yang 'tiba2 lucu', melainkan terintegrasi di dalam cerita. Juga ada sindiran2 halus dalam tiap cerita, yang bila direnungkan bisa membuat kita tersenyum sendiri & berpikir. Bahkan sebenarnya cerita dalam SEER adalah gambaran dari kehidupan sosial masyarakat kita sehari-hari.
Kalau kekurangannya, hmm... apa ya... Mungkin cover yang digambar orang lain (bukan oleh komikus SEER sendiri), agak menimbulkan kontroversi. Tapi kalau aku sendiri menganggap ini ide yang unik. Lagipula, tidak ada unsur menipu atau apa, toh sudah ditulis keterangannya di cover. Lainnya...mungkin background yg agak sepi & gambar yg kurang konsisten, & bagian pipi tokohnya yg tembem2... XD Tapi, itu semua ngga terlalu mengganggu, bahkan honestly aku pribadi ngga sempat mikirin itu ketika terhanyut dlm ceritanya yg bikin kita penasaran... ^o^
SEER terdiri dari 2 chapter yang disebut 'wisdom' plus 1 prologue: A Boy In The Future, Golden Road, & Collosus. Masing2 berupa cerita2 lepas dalam tiap perjalanan Abi.

**********************************
         Cover
         Gambar
     Cerita
               Humor
**********************************
Sources:
>> SEER - The Genchildren©2010 C. Suryo Laksono
>> Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar