Sabtu, 01 Mei 2010

Garudayana vol.2

Title: Garudayana (volume 2)
Author : Is Yuniarto
Genre: Action Adventure
Format : Komik; B/W, western binding, 160 halaman

Release: 28 April 2010
Publisher: m&c! (sub-brand KOLONI)
Rating: R (Remaja)
Harga: Rp 15.000,00

Akhirnya dapat juga Garudayana vol. 2. Langsung memutuskan untuk beli begitu liat covernya di web sang pengarang. Dengan ini, udah resmi jadi fans berat Garudayana deh, he he he... ^_^


Story
Kinara sang pemburu harta karun, bersama Garuda kecil, masih berusaha mencari petunjuk tentang para Garuda. Kali ini, mereka pergi ke tebing jasad Sanda Nuai demi mencari petunjuk tentang keberadaan Gua Kiskenda.
Sementara itu, Gatotkaca yang sedang bertarung dengan para Ashura, tiba-tiba dikejutkan oleh kehadiran lawan yang sama sekali tidak pernah ia duga sebelumnya...


KARAKTER

>> Garuda
Burung sakti yang konon adalah calon raja langit, Gaganesvara, yang akan menjaga dunia Arcapada dari angkara murka. Saat ini masih kecil dan belum bisa mengendalikan kekuatannya. Garu berpetualang berdua bersama Kinara, ke tempat2 menarik yang penuh dengan harta... dan marabahaya!

>> Kinara
Cucu angkat Semar. Gadis tomboy ini adalah seorang pemburu harta karun. Setelah bertemu Garuda, ia bertekad untuk menjaganya, sampai garuda kecil itu tumbuh menjadi Garuda yang sesungguhnya.

>> Gatotkaca
Ksatria Pringgadani yang ditakuti oleh para Ashura. Pernah menolong Kinara dan Garu dari Ashura Api. Sehari-harinya, ia 'berpatroli' di langit, mencari dan membasmi Ashura, sambil membantu orang2 yang membutuhkan pertolongannya.

>> Arjuna
Pendekar flamboyan ahli memanah, yang juga membantu Kinara dan Garu. Sedang ditugaskan oleh Yudistira untuk menjemput Semar di Desa karang Tumaritis. Panahnya dapat membekukan dan menghancurkan musuh-musuhnya.

>> Semar
Kakek angkat Kinara yang berpengetahuan sangat luas. Beliau adalah Pertapa Bijak dari Desa Karang Tumaritis, pengasuh sekaligus penasehat para ksatria Pandawa.

>> Gareng, Petruk, dan Bagong
Trio Punakawan yang sehari-hari bekerja menjadi penghibur keliling. Juga cucu2 angkat Semar, seperti Kinara. Dalam kisah ini, ketiganya selalu memakai topeng, rupa mereka yg sebenarnya masih misteri.

>> Ashura
Bangsa raksasa yang saat ini sedang menanti kebangkitan para Ashura, yang ditandai dengan menetasnya telur Garuda di Arcapada. Ada 4 Ashura yang kali ini muncul dan berhadapan dengan Gatotkaca: Kalarudra, Bayashura, Lawashura, dan Bogashura.

>> Sebenarnya masih ada tokoh lain yang nggak kalah penting muncul di buku kedua ini. Tapi bakalan jadi spoiler kalau ditulis di sini. Makanya, baca sendiri yah~! ^o^


PLUS minus and stuff..

Keistimewaan Garudayana adalah ‘rasa’-nya yang Indonesia banget. Pertama, tentu saja ide untuk mengambil tokoh-tokoh wayang menjadi tokoh di komik ini (kecuali tokoh utama wanita, Kinara). Kebetulan, saya penggemar cerita wayang. Waktu pertama kali melihat Garudayana volume 1, saya langsung berpikir, ‘Akhirnya, ada juga komik wayang yang keren!’. Begitu membuka lembaran komik ini, kita pun langsung disambut oleh ‘gunungan’ yang biasa dipakai untuk membuka pagelaran wayang kulit (versi ‘cute’-nya, kata adikku, hehe…). Ciri khas lain yang saya suka adalah batik (bukan cuma bidang fashion yang bisa melestarikan batik loh~!), baik untuk busana para karakter maupun ‘hiasan’ panel atau halaman-halaman tertentu. Artwork dan tata letaknya memikat mata. Desain tokoh dan pakaiannya juga keren. Adegan actionnya pun bagus, dan secara keseluruhan alur ceritanya enak diikuti. Semua itu masih konsisten di volume kedua ini (dan makin bagus menurutku, he3... ^_^).

Kalau kekurangannya…hmmm…apa yah…? Waktu pertama menerima komiknya sih, saya sempet mikir… yah~tipis amat! (tapi nyatanya saya ngabisin waktu 1 jam lebih bacanya, hehe…) Terus… kayaknya nggak ada perkembangan karakter yah… Mungkin karena banyak mengambil tokoh-tokoh yang sudah ada dengan karakter masing-masing yang udah ‘fixed’. Nggak gitu masalah sih, apalagi kalau emang lebih menekankan sisi petualangannya. Tapi… kalau bisa saya pribadi pengen juga ditambah porsi dramanya di volume selanjutnya. Kalau ngeliat endingnya sih, rasanya volume 3 nanti bisa menampilkan konflik personal maupun antar karakter yang lebih mendalam, bukan melulu dari sisi action-nya… We’ll see…

**********************************
        Cover
      Gambar
        Cerita
          Humor
**********************************

Sources:
>> Garudayana (volume 2)©2010 Is Yuniarto
>> Internet


NB: * bagi yang belum pernah membaca Garudayana sebelumnya, bisa melihat review volume 1 di http://zonakomikindo.blogspot.com/2009/12/garudayana.html
* (edited on April 2011!) Review Garudayana vol. 3 @ http://zonakomikindo.blogspot.com/2011/04/garudayana-vol-3.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar