Senin, 05 Desember 2011

KOLONI Jagoan #5

Title: KOLONI Jagoan #5
Author :
   1. Blade Bunny: Eric Kimball & Erwin Prasetya
   2. Prajurit Dewa: Hendranto Pratama
   3. SEER 2.5: C. Suryo Laksono & Juan Sebastian
Genre: Action Fantasi
Release: 30 Nopember 2011
Publisher: m&c! (sub-brand KOLONI)
Rating: R (Remaja)
Harga: Rp 16.500,00


Blade Bunny
(Oleh : Eric Kimball & Erwin Prasetya)

Kisah seorang (seekor?) ninja centil namun mematikan, dalam tugasnya menghadapi kepala klan samurai dan robot pembunuh!

Karya kolaborasi penulis Amerika dan komikus Indonesia!

>>> My Note:
Kesan pertama: cover-nya keren abis! Artwork-nya, jangan ditanya! T-O-P B-G-T~! Two thumbs up deh~! b(^o^)d
Cerita ninja, jelas bukan ide baru. Namun kali ini, "Blade Bunny" menampilkan ninja cewek manis nan centil, menggunakan nama yang juga imut: Bunny. Di chapter awal ini, ia menerima tugas assasination dari seorang kepala klan, untuk menyingkirkan klan saingannya.
Meskipun setting-nya mirip Jepang zaman feodal, tapi sebenarnya ini adalah sebuah setting dunia fantasy, yang menggabungkan unsur tradisional dan modern, dengan adanya robot pembunuh. Cukup menarik, karena meski kental dengan nuansa Jepang (termasuk tema "ninja" itu sendiri), sejak awal pembaca sudah diperkenalkan dengan istilah "terwelu" (panggilan orang-orang kepada Bunny), yang barangkali sangat jarang dipakai dalam bahasa Indonesia sehari-hari (artinya "kelinci", btw).
Kesan setelah baca Blade Bunny... hmmm... gambarnya "dewa" (hanya ada satu-dua yang kurang konsisten), tapi ceritanya rada ngga jelas menurutku... *peace, Mas Erwin* :p
Scene-scene-nya bergerak agak lambat...mungkin karena cukup banyak 'fanservice' (cowok2 kayaknya suka niy ^^). Lalu, meskipun Bunny sangat manis, tapi berhubung saya perempuan, jadi hal ini ngga terlalu ngaruh. Malahan, kadang rada sebel liat Bunny yang kecentilan... LOL
Akan tetapi, di akhir chapter awal ini, ada indikasi bahwa perkembangan cerita tampaknya akan menarik. Hmmm... we'll see~! ^___^


Prajurit Dewa - Hero After Death
(Oleh :Hendranto Pratama)   



Dahulu kala, kahyangan dibuat kalang kabut oleh seekor iblis buas yang berkekuatan setara dewa. Untuk menghabisinya, 3 orang dewa merapal ajian terlarang untuk menciptakan iblis yang lebih buas: Garuda, sang prajurit dewa tak terkalahkan. Ribuan tahun kemudian, hal ini mewariskan sebuah kekuatan baru... Sebuah kekuatan yang diperebutkan di dunia manusia!

>> My Note:
Satu lagi komik bertema wayang, yang mengadaptasi kisah "garuda".
Mengisahkan Mandala yang tergabung dalam semacam pasukan elit kerajaan. Ia seorang prajurit muda berbakat, yang 'diperhatikan' oleh sang raja junjungannya. Namun, dalam misi kali ini, tampaknya ia akan menghadapi sesuatu yang tak terbayangkan~!
Nuansa 'pewayangan' dan 'jawa' sangat kental dalam komik ini. Mulai dari temanya sendiri, lalu penulisan nama-nama tokoh saat perkenalan, yang diberi tulisan dalam huruf jawanya juga (nice~!) (FYI: itu tulisan jawa-nya beneran loh ^^), kemudian penggunaan panggilan "sampeyan" menggantikan kata "kamu" atau "anda". Ada juga "dadu dewa" yang menggunakan angka 1-6 yang juga dalam angka tulisan jawa.
Semua itu dipadu dengan setting dan desain tokoh yang modern ala RPG. Dengan plot cerita yang tidak kalah menariknya.
Patut ditunggu kelanjutannya~! ^__^


SEER The Genchildren 2.5
(Oleh :C. Suryo Laksono & Juan Sebastian)   





Sekelompok anak-anak Indonesia dilemparkan oleh badan rahasia negara ke masa depan yang kacau-balau! Tujuannya satu: "menyelamatkan bangsa Indonesia". Mereka tiba di tempat dan waktu yang berbeda-beda, dan mendapatkan "kekuatan" yang tampaknya random sehingga mendapat julukan "anak dewa". Salah satunya Abi, yang memiliki kemampuan teleportasi. "Anak dewa" yang dijuluki "Tangan Bijak" ini tiba di Negeri Yenom, tempat robot-robot berkuasa dan manusia menjadi budak. Bersama Tio, anak tukang tahu yang juga dari Indonesia (yang juga "anak dewa" dan berkekuatan anti-massa), mereka memimpin pemberontakan kaum manusia!

>> My Note:
Melanjutkan kisah SEER vol. 1 dan 2, petualangan Abi di negeri Yenom tampaknya akan mendekati akhir!
Dibandingkan 2 volume sebelumnya, mungkin ada sedikit penurunan kualitas gambar di beberapa bagian. Tapi soal kualitas cerita, tetap keren, seperti biasa (Kalau Blade Bunny gambarnya "dewa", SEER ini ceritanya yang "dewa" >__<).
DAN~~~lagi-lagi bersambung di tempat yang 'menyebalkan'~! Aaaargh~bikin penasaran aja nih~! XDDD

Review terkait: SEER The Genchildren 01 dan SEER The Genchildren 02.


>> For you to participate:
Jadi~silakan pilih JAGOANmu sekarang juga via polling di fanspage KOLONI (facebook):
http://apps.facebook.com/opinionpolls/result?pid=AB6V6qBNjM0

Sources:
>> KOLONI Jagoan #5 © 2011
   1. Blade Bunny: Eric Kimball & Erwin Prasetya
   2. Prajurit Dewa: Hendranto Pratama
   3. SEER 2.5: C. Suryo Laksono & Juan Sebastian
>> Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar