Selasa, 23 Agustus 2011

KOLONI Jagoan #4

Title: KOLONI Jagoan #4
Author :
   1. EXTREMELY GARUDABOI: Galang Tirtakusuma
   2. Dewa Keris Jagad Nusantara: Damar Adhi
   3. Kamfretto!: C. Suryo Laksono
Genre: Action Fantasi
Release: Minggu Pertama Agustus 2011
Publisher: m&c! (sub-brand KOLONI)
Rating: R (Remaja)
Harga: Rp 16.500,00

EXTREMELY GARUDABOI

(Oleh : Galang Tirtakusuma)
Komik aksi yang diangkat dari versi komedi Garudaboi!

Di sebuah dunia dengan fenomena superhero sudah dianggap normal, kebenaran dan keadilan sedang dipertaruhkan.

Perlahan uang dan ketenaran mengikis tembok yang memisahkan superhero dengan super villain. Demi ketenaran, para pahlawan super merancang sendiri kisah heroiknya. Keadilan tergadaikan. Tim superhero pun tak lebih dari sekadar simbol. Superhero non pemerintahan menjadi ancaman, dan akhirnya dilarang.

Namun di antara banyak superhero itu, ada seseorang yang melawan aturan: terus beraksi menjunjung tinggi nilai luhur pahlawan super… dan inilah kisahnya.

>>> My Note:
Ini adalah versi re-boot dari cerita tambahan di komik Garudaboi 3. Keren, lucu, sedih, KEREN! He3... ^__^  Pokoknya yang ngaku fans Garudaboi harus baca ini. Buat penggemar genre superhero atau tokusatsu, silakan~bisa dicoba membacanya. Terus~buat temen2 pendukung setia KOLONI juga~baca yah~! XDDD
                      Extremely Garudaboi menghadirkan dunia Garudaboi dalam kisah yang lebih serius dan bisa dibilang 'kelam'. Tentu saja, gaya gambarnya juga mengalami perubahan, yang tadinya chibi jadi 'normal'. Hmm... ternyata Mas Galang juga piawai bikin komik yg serius & menggambar adegan yg rada 'sadis'... XP Tapi, sisi humornya juga tetep ada. Buat aku sih, itu hal yang bagus, untuk mengimbangi cerita yang kelam. Berbeda dari cerita ekstra di "Garudaboi 3", kali ini hadir Chapter Zero yang mengisahkan Saepul kecil, Garudaman, dan.... yah~semua yang mengawali universe Garudaboi versi baru ini. Ohya, desain kostum Garudaboi juga dibikin agak berbeda di versi ini.
                     Overall~saya cukup suka cerita & gambarnya, juga desain karakter2nya. Sepertinya akan berkembang menjadi sebuah kisah yang menarik~! Looking forward to it~! >__<


Dewa Keris Jagad Nusantara
(Oleh :Damar Adhi)

Apa arti kekuasaan sebenarnya? Apakah ada di dalam tubuh dengan kemampuan olah kanuragannya? Apakah di dalam Tosan Aji sebagai senjata pusakanya?

Inilah kisah Moksa, sang jago keris dalam perjalanan hidupnya menjadi dewa keris di Nusantara.

>> My Note:
Akhirnya ada lagi komik yang bertema "dunia persilatan"~! Hmmm... bingung nih, mau komen apa... Yang jelas, gaya gambar komik ini adalah gaya gambar "tradisional Indonesia", tanpa tone, murni manual/goresan tangan. Tapi, soal kualitas, jangan ditanya! Semuanya almost perfect: proporsi, desain karakter, pembagian adegan, angle, background, arsiran... Hanya saja, mungkin gaya gambar seperti ini tidak populer bagi sebagian orang. (Saya juga gitu sih... Padahal kalau di-liat2 lagi, ternyata keren loh~! Mungkin cuma soal 'kebiasaan' yg udah terlalu sering liat gaya gambar ala manga... :p)
                   Kisahnya mengambil setting pada masa Kerajaan Majapahit. Tentang seorang pendekar muda yg sedang 'mencari kekuatan'. Ini adalah chapter2 awal yg menjadi dasar keseluruhan cerita, yang bagi saya penceritaannya sangat baik & mengalir. Bahkan pemilihan kata2/dialog, pemilihan nama, sampai judul per chapter-nya sangat menarik! Jika dikembangkan lagi, pasti akan menjadi kisah yang sangat keren, 'meskipun' di luar mainstream.

Kamfretto!
(Oleh : C. Suryo Laksono)

Ikuti sepak terjang para jagoan ibukota yang telah bersumpah atas nama uang untuk memberantas kejahatan dan membela keadilan! Kamfretto!

 >> My Note:
Tukang bakso, penjual jamu, tukang becak, ondel-ondel... Pernah nggak terpikir bahwa itu semua bisa dibikin jadi sesuatu yang keren? XDDD
                      Meet Rasyid, Astari, Anggada, dan Ajit. Mereka tergabung dalam suatu kelompok agen rahasia (?) multitalenta, yang biasanya menerima job request dari orang2 (Mungkin rada mirip2 ASE di komik D-Live! cuma Kamfretto! suasananya lebih fun gitu... Ya gitu deh~! XP). Kisah ini adalah suatu perkenalan yang sangat menarik (misi untuk melindungi seseorang), yang menampilkan karakteristik & kemampuan keempat tokoh utama, serta background dari "Kamfretto!" itu sendiri.
                      Seperti biasa, sang pengarang -C. Suryo Laksono- mempersembahkan ide2 yang 'beyond imagination', yg barangkali ngga pernah kepikiran sama kita selama ini. Ngga pernah bosen2 saya baca karya dari komikus yang satu ini. Meskipun temanya bukan sesuatu yang baru, namun kisah ini menyajikan sesuatu yg fresh & fun, yang menggelitik keingintahuan & bikin kita terus membaca sampai halaman terakhir. Ditambah humor cerdas yang muncul di tempat2 yang pas & ngga pernah gagal memancing tawa...atau minimal senyum. Oh ya, satu lagi... saya suka sense of naming-nya, he3... ^__^
                       Aaaaaaaaargh~! PENGEN BGT cerita ini cepet2 dibuat lanjutannya~! >__<

>> For you to participate:
Jadi~silakan pilih JAGOANmu sekarang juga via polling di fanspage KOLONI (facebook):
http://www.facebook.com/komikkoloni?sk=app_20678178440

Sources:
>> KOLONI Jagoan #4 © 2011

   1. EXTREMELY GARUDABOI: Galang Tirtakusuma
   2. Dewa Keris Jagad Nusantara: Damar Adhi
   3. Kamfretto!: C. Suryo Laksono 
>> Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar