Rabu, 02 Desember 2009

Garudayana

Judul: Garudayana
Komikus : Is Yuniarto
Genre: Action Adventure
Halaman: 128 BW
Rilis: 5 Agustus 2009
Penerbit: m&c! (sub-brand KOLONI)
Harga: Rp 12.500,-
Rating: SU (Semua Umur)

Ada sebuah legenda di dunia Arcapada, tentang dia yang bergelar Gaganesvara, sang raja langit
Angin memujanya
Halilintar ditaklukkannya
Para naga lari dari hadapannya...
dan inilah kisahnya...

Sinopsis

Garudayana bercerita tentang petualangan Kinara seorang pemburu harta karun. Pada suatu hari di lembah para Batara, ia menemukan sebuah telur, yang merupakan telur garuda terakhir. Namun, ternyata telur itu adalah milik Shura yang menyimpannya selama 100 tahun untuk dimakan! Kemudian, petualangan Kinara bersama Garuda kecil pun dimulai. Tentunya tidak akan mudah, sebab banyak ksatria maupun raksasa yang mengincar sang Garuda...


KARAKTER

>> Garuda
Burung sakti yang konon adalah calon raja langit, Gaganesvara, yang akan menjaga dunia Arcapada dari angkara murka. Saat ini masih kecil dan belum bisa mengendalikan kekuatannya. Kinara biasa memanggilnya Garu.
Dalam agama Hindu, Garuda merupakan dewa yang menjadi kendaraan Dewa Wisnu.

>> Kinara
Cucu angkat Semar. Setelah bertemu Garuda, ia bertekad untuk menjaganya.
Dalam mitologi Asia Tenggara, Kinnara adalah makhluk surgawi berbentuk setenagah manusia & setengah burung. Kinnara wanita, yang disebut Kinnaris, berwujud wanita cantik dengan bagian pinggang ke bawah berupa angsa.

>> Gatotkaca
Memiliki banyak julukan: legenda hidup Arcapada, penakluk Ashura, ksatria Pringgadani, dsb. Mempunyai kekuatan luar biasa sehingga dijuluki "otot kawat tulang besi". Terlahir dengan nama Tetuka, putra Bima dengan Dewi Arimbi ini tidak memiliki masa kanak2, karena diceburkan ke dalam kawah Candradimuka. Gatotkaca sangat sakti, mampu terbang di langit tanpa sayap, berkat pakaian Antakusuma anugerah pada Dewata.

>> Arjuna
Salah satu anggota keluarga Pandawa. Ia berparas rupawan & lemah lembut, suhingga mempunyai banyak penggemar. Arjuna ditugaskan oleh Yudistira untuk menjemput Semar di Desa karang Tumaritis. Memiliki panah Indra yang dapat membekukan musuh-musuhnya.
Dalam Mahabharata, Arjuna adalah putra ketiga Prabu Pandu Dewanata -Raja Hastinapura- dengan Dewi Kunti.

>> Adipati Karna
Adipati Awangga yang merupakan panglima perang Kurawa. Ia ditugaskan untuk mencari Garuda demi kejayaan keluarga Kurawa. Karna adalah saingan utama Arjuna & keahlian memanahnya setara dengan Arjuna.
Dalam Mahabarata dikisahkan, Karna sebenarnya masih bersaudara dengan Pandawa namun terpisah sejak lahir.

>> Semar
Pertapa Bijak dari Desa Karang Tumaritis, pengasuh sekaligus penasehat para ksatria Pandawa. Tokoh paling Punakawan dalam pewayangan Jawa dan Sunda ini adalah tokoh ciptaan pujangga Jawa, sehingga tidak ada dalam naskah asli Mahabarata maupun Ramayana yang berbahasa sansekerta.

>> Gareng, Petruk, dan Bagong
Trio Punakawan yang sehari-hari bekerja melalui pertunjukan 'sirkus' keliling. Dalam kisah ini, ketiganya selalu memakai topeng, rupa mereka yg sebenarnya masih misteri.


PLUS minus and Stuff...

Meskipun semua tokohnya (kecuali Kinara) adalah tokoh-tokoh perwayangan, tapi ceritanya sangat orisinal! Dan tidak seperti kebanyakan karya dalam negeri yang artworknya berantakan, karya ini memiliki artwork cukup bagus yang memiliki ciri khusus: batik. Ceritanyapun sangat seru & menegangkan (plus humor). Tidak akan rugi jika membaca kisah ini.


End Note

Honestly, sejak dulu aku selalu berpikir kisah2 wayang maupun kerajaan2 yang sering banget diceritain ibuku pas aku kecil, itu semuanya keren2! Itu baru dari Jawa loh! Padahal, berapa banyak daerah yg ada di Indonesia? Seandainya para komikus menggali kisah2 dari daerah masing2, untuk kemudian dikembangkan menjadi sebuah kisah komik yang menawan (seperti yang telah dilakukan Is Yuniarto dengan “Garudayana”)… wah~I’m really looking forward for it! Yang jelas, Indonesia yang begini luas dan kaya budaya2 lokal, pastinya memiliki ratusan bahkan ribuan inspirasi buat para komikus maupun penulis. ^0^

**********************************
     Cover
     Gambar
       Cerita
       Humor
**********************************

Sources:
>> Garudayana©2009 Is Yuniarto
>> Animonster Magazine #128
>> Internet
>> Dan kenanganku tentang cerita2 wayang dari buku pelajaran bahasa daerah (bahasa jawa) waktu SD, maupun dari yang dikisahkan ibuku waktu aku masih kecil. ^_^

Related Review:  
* (edited on April 2010!) Garudayana vol. 2 @ http://zonakomikindo.blogspot.com/2010/04/garudayana-vol2.html
* (edited on April 2011!) Garudayana 3 @ http://zonakomikindo.blogspot.com/2011/04/garudayana-vol-3.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar