Minggu, 30 Mei 2010

Shangrila

Judul: SHANGRILA
Jenis: Komik
Genre: Fantasi Action Drama
Komikus: Mage
Penerbit: mnc! (sub-brand KOLONI)
Rilis: 26 Mei 2010
Harga: Rp 15.000,00
Rating: R (Remaja)


Let’s Begin The Pilgrimage To The Broken Past!

Shangrila, merupakan sebuah negeri yang pernah hidup pada masa yang sangat jauh dari masa kita. Di negeri damai nan makmur ini, kaum manusia dan ashura pernah hidup dengan damai dan pernah pula mengalami peperangan besar, yang membuat Shangrila berada di ambang kehancuran! Satu-satunya harapan bagi Shangrila adalah “kekuatan Srikandi”, yang secara misterius merasuk ke dalam diri Ayu, siswi SMA yang tinggal di Indonesia. Ayu, yang kemudian diincar para Ashura, harus segera menguasai kekuatan Srikandi, sebelum Shangrila sirna untuk selamanya...

KARAKTER

>> Khageswara
Raja Shangrila yang arif dan bijaksana, sekaligus “Srikandi pertama” Shangrila. Meskipun seorang penguasa di Shangrila, ia sangat rendah hati sehingga dicintai rakyatnya... Dan "dicintai' dalam arti lain oleh para gadis yang tergila-gila pada ketampanannya... ^_^;

>> Ayu
Diawali sebuah kecelakaan lalu-lintas yang merenggut ingatannya, gadis tahun terakhir SMA ini tiba-tiba mendapati suatu kekuatan misterius di dalam dirinya. Takut dan bingung, adalah reaksi awal yang wajar. Tapi, apa yang akan dilakukan Ayu ketika menyadari keselamatan dunia mungkin akan berada di tangannya...?

>> Sandi
Laki-laki yang mengalami kecelakaan yang sama dengan Ayu, dan sejak saat itu koma. Disebut-sebut sebagai "titisan" Khageswara yang ke-13...?

>> Kunti
Hantu kuntilanak berwujud mungil nan lucu. Mengaku sebagai tangan kanan "Tuan Sandi". Kini ia membantu Ayu yang kebingungan karena tiba-tiba mendapatkan kekuatan Srikandi.

>> Sempati
Tangan kanan Srikandi pada masa Shangrila masih menjadi negeri yang megah di masa lalu. Ashura berwujud setengah manusia dan setengah burung, yang dapat terbang di angkasa.

>> Daitya
Sosok jahat yang menyerang Shangrila hingga menyebabkan Khageswara harus menggunakan jurus terlarang demi menyelamatkan Shangrila dari kehancuran.

PLUS minus and Stuff...

Secara keseluruhan, Shangrila memiliki artwork dan cerita yang baik. Desain para karakter serta background/setting tempat, digambar dengan bagus (sempat liat ada hiasan "janur kuning" juga...good detail! ^_^). Satu hal yang saya sukai adalah desain pakaian (dan aksesoris) yang indah (keren!) dan cukup bisa memberi image yang "khas Shangrila".
Khususnya kostum para Srikandi yang pada pandangan pertama langsung menggiring ingatan kita pada "wayang", tapi sempat juga mengingatkan saya pada pakaian suku Dayak yang indah dan didominasi warna hitam (khususnya lagi untuk kostum Maya). Kalau melihat-lihat detil kecil lain, barangkali kita juga akan menemukan ciri khas pakaian adat Indonesia pada pakaian karakter2 lain (saya sempet liat ada yang pakai hiasan kepala seperti penari wanita Bali).
OK~cukup soal pakaian! :p
Sebagai penggemar genre action, bagi saya porsi adegan action di komik ini cukup seimbang dan digambarkan dengan bagus pula. Tentu saja, "action" di sini tetap terasa berbeda dengan "action" di "komik cowok", karena lebih menonjolkan sisi drama dari suatu pertempuran.
Kelebihan lain, sejak awal cerita mengalir dengan enak sehingga kita bisa ikut merasakan "empati" terhadap tokoh yang sedang diceritakan (sisi dramanya diceritakan dengan bagus sekali). Istilahnya "kena di hati", gitu... ^o^
Sayangnya, di tengah-tengah cerita alurnya terasa agak terlalu cepat (atau seperti dipercepat), khususnya bagian yang menceritakan soal "Ayu dan kekuatan Srikandi-nya". Meskipun kita bisa saja memahami perasaan Ayu, tapi ada ganjalan, rasanya pembaca kurang "dekat" dengan tokoh Ayu. Lagipula "latar belakang" karakter Ayu juga kurang kuat (dibandingkan Khageswara). Ngomong2 soal karakter... Daitya sebagai antagonis bagi saya rasanya kurang "greget" gitu... kayak cuma "pemanasan" (atau memang sengaja dibuat seperti itu...?)

End Note

Saya termasuk orang yang susah terbujuk untuk membeli sesuatu kalau nggak benar2 suka. Shangrila ini termasuk yang bikin saya berpikir, “Wah, nggak nyesel aku beli!” setelah membacanya. Dulu, saya selalu ber-angan2 kapan ya, ada komik lokal berciri khas Indonesia (misalnya dari nama2/pakaian karakter) yang "keren"... Beberapa komik terbitan KOLONI sudah menjawab harapan saya itu, termasuk Shangrila ini.
Buat para penyuka cerita drama yang dibalut fantasi dan aksi, komik ini bisa jadi pilihan. Komedinya juga ada meski sedikit (dan menurut saya itu malah "pas").
Semoga untuk volume2 selanjutnya kisah ini semakin menarik untuk diikuti.

Sources:
>> Shangrila (volume 1)©2010 Mage
>> Internet

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane baru baca komiknya ini dari rak om ane yg koleksi komik, keren tapi cuma satu buku ane cari2 info d gugel ampe berapa buku sih pen tau lanjutannya, ternyata cuma emang satu doang, mampir ke blog ini dari tahun 2010 ternyata tahun lahir ane. Kok gk ada lanjutannya sih.....

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus