Minggu, 01 Mei 2011

KOLONI Hantu!

Title: KOLONI Hantu!
Author :
  1. D-messages: ERWIN 'Tyo Kuuma' PRASETYA
  2. The Hiking: IDA ARIYANTI
  3. 13: ONNIE KRISNAYANA
  4. Misteri Taman Maluku: RISZA A. PERDHANA
Genre: Horor
Release: 27 April 2010
Publisher: m&c! (sub-brand KOLONI)
Rating: R (Remaja)
Harga: Rp 16.500,00


1. The Hiking (IDA ARIYANTI)
Sekelompok mahasiswa yang sedang mengikuti lomba hiking diganggu oleh penunggu gunung! Sebagai pimpinan kelompok, Ferry yang dikenal sebagai cenayang kampus, harus segera mencari tahu kesalahan apa yang dilakukan anggota kelompoknya, sebelum sang penunggu hutan membahayakan nyawa mereka semua!

2. D-messages (ERWIN 'Tyo Kuuma' PRASETYA)
Kay yang matanya bisa melihat dunia hantu, baru saja pindah ke Indonesia untuk berobat ke seorang kyai. Kini tinggal mata kanannya yang perlu diobati. Di sekolah barunya ia bertemu dengan Reo, seorang berandalan yang digosipkan blasteran genderuwo. Kay yang bisa melihat kebenaran melalui mata gaibnya, berniat menolong Reo dari gunjingan ini.

3. 13 (ONNIE KRISNAYANA)
Karena ingin menghindari macet di jalur pantura, Deo dan tiga sahabatnya yang sedang liburan, mengambil jalan pintas. Bukannya lebih cepat sampai ke tujuan, mereka malah sampai ke daerah yang misterius dengan hutan berpohon raksasa, sampai kastil dengan ratusan kamar, lengkap dengan godaan mautnya. Tahayulkah ini? Atau godaan-godaan ini sungguh nyata?

4. Misteri Taman Maluku (RISZA A. PERDHANA)
Eja yang sok skeptis (namun sebetulnya takut hantu), nekat menemani dua sahabatnya, Mia dan Onyet, malam-malam ke Taman Maluku yang angker. Jurus nekat ini dia lakukan karena besok ujian kalkulus, dan nilai Eja jeblok di mata kuliah ini. Kalau dia mau ikutan, Mia yang rajin nyatet setuju akan kasih contekan. Namun apa yang semula cuma iseng, bakal berujung pada gangguan yang bisa menghantui seumur hidup mereka!


My Note

Terus terang, saya ngga suka cerita horror... *lah...?!* lol
Jadi, komik ini saya beli karena penasaran aja (gitu deh, walaupun takut tapi pengen baca... XD), lagipula saya udah punya KOLONI nyaris semua genre (drama, aksi, fantasi, komedi,...)... tinggal horor aja yang belum punya.
Yang paling bikin penasaran mungkin karena ada nama Erwin Prasetya di situ. Dan memang karyanya (d-messages) BAGUS BGT! Gambarnya jangan ditanya, udah mantap deh, pokoknya (tipe yang saya suka :)). Ceritanya juga menarik, ngga terlalu 'umum' untuk genre horor (mengingat Indonesia gudangnya cerita horor, jadi banyak kisah2 seram yang 'pasaran'). Kisah ini yang paling bisa bikin saya penasaran, deg2an, ketawa, sedih, dan nggak relaaaaa... (penasaran tentang apa ini? beli & baca komiknya yah? :p) Kekurangannya... barangkali banyak orang yang ketika melihat covernya langsung teringat 'Death Note', sehingga bisa jadi nilai minus dari sisi orisinalitas. Endingnya pun bisa dibilang rada maksa (kurang mantap), mungkin karena keterbatasan halaman juga... Seandainya kisah ini bisa jadi serial kayaknya bakal jadi bagus... =.=
Kisah2 lain... bagi saya kurang menarik, & kurang seram. The Hiking karya Ida Ariyanti punya kisah yang mungkin sudah sering kita dengar, tapi entahlah ngga terasa aja seramnya. 13-nya Onnie Krisnayana malah agak sulit saya cerna... dan dialog2nya agak 'off' gitu. Terakhir, Misteri Taman Maluku dari Risza A. Perdhana, cukup menarik (lumayan suka ceritanya, apalagi based on true story kan...), gambarnya pun bagus... cuma kurang seram aja... (malah lebih 'komedi' daripada horor...? O.o).
Overall, menurutku sebenarnya semua kisahnya cukup menjanjikan, cuma bagi saya sendiri (karena saya juga menulis) genre yang paling sulit itu adalah komedi & horor. Apalagi horor, butuh visualisasi yang sangat kuat untuk sebuah komik, sebab kalau nggak, cerita yang sebenarnya seram pun bisa terasa biasa2 aja.
Still worth to buy & to read, anyway! Especially d-message... sampai sekarang pun saya masih suka kepikiran... Sayang banget komik ini cuma one-shot *bener2 berharap d-messages jadi serial* XD

Sources:
>> KOLONI Hantu! © 2011 Erwin Prasetya, Ida Ariyanti, Onnie Krisnayana, Risza A. Perdhana
>> Internet

4 komentar:

  1. Saya setuju d-messages d buat kelanjutannya^^

    Link blognya boleh kupasang di blogku gk?

    BalasHapus
  2. @ anieensama & Haruna: silakan~! thanx atas apresiasinya~! ^__^

    BalasHapus